.

Web Hosting

Saturday, September 12, 2015

Embung Nglanggeran di kebun buah desa wisata Nglanggeran, Gunung Kidul

Embung Nglanggeran adalah sebuah tempat wisata yang berlokasi di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Embung Nglanggeran ini dulunya merupakan sebuah bukit bernama Gunung Gandu.

Dari kota Jogja, ada beberapa jalan alternatif, saya saya dokumentasikan ini yang melalui jalur jalan Wonosari, tapi pulangnya saya mencoba jalur yang tembus ke Pathuk, dan saya merekomendasikan jalur yang dari Pathuk ini, kalau dari tanjakan bukit Bintang, nanti pas puncaknya yang dekat kantor polisi langsung ambil ke arah kanan, kalau lewa jalan Wonosari jalannya masih kurang bagus, kalau yang dari Pathuk jalannya sudah mulus, saya ambil jalan Wonosari karena pakai google map, jalur yang diambil google map jalur yang lewat jalan Wonosari, padahal hanya beda 1.5km saja. Selain jalur ini ada juga jalur dari Piyungan yang merupakan lanjutan arah dari jalur Pathuk, tapi saya belum coba :).

Embung ini sebenarnya berada di tempat wisata kebun buah, saya lihat sebelah utara Embung banyak pohon Durian yang belum begitu besar, ini juga terlihat dari adanya patung Durian di dekat prasasti peresmian, cuma sepertinya belum siap/belum musimmnya, jadi saya kesini cuma makan mie instant dan cemilan kacang tanah yang di sangrai saja...yang penting ada buat ganjal perut :). Ongkos masuk ke Embung ini per orang dewasa Rp.5.000, dan parkir mobil Rp. 5.000 (untuk ongkos parkir motor saya lupa menanyakan :().

Dekat dengan Embung ini ada juga tempat wisata gunung purba, tempat parkirnya hanya berjarak sekitar 1-2km dari lokasi Embung, kami tidak mampir ke gunung purba karena jalannya menaik, mungkin nanti kalau saya sendirian saya akan coba naik ke gunung purba.

Berikut sedikit photo-photo jalan ke lokasi dan lokasi Embungnya.






No comments:

Post a Comment